Senin, 11 Mei 2015

Tehnik Lompat Tinggi Gaya Gunting (Scissors)

Gaya gunting disebut juga dengan gaya Sweney. Pada saat melakukan gaya ini, atlet melompat mengambil awalan daroi tengah. Jika melakukan tumpuan menggunakan kaki kiri pada saat akan melompat, ia mendarat dengan kaki kiri lagi. Saat di udara, badan berputar ke kanan, mendarat dengan kaki kiri, dan sikap badan menghadap kembali ke posisi awal tadi.
 Gaya Gunting
 Berikut ini teknik dasar lompat tinggi gaya Gunting :

  • Langkah lari awalan
Awalan lompat tinggi Straddle dilakukan dengan garis lurus yang menyerong dari permukaan depan matras pendaratan. Sudut yang disarankan adalah sekitar 20 – 30 derajat darigaris lurus matras. Tetapi dapat juga awalan tersebut terbentuk lengkungan dengan sudut 45 – 55 Derajat terhadap letak mistar.
  • Teknik Tolakan Kaki
Tolakan kakoitumpu harus kuat agar menghasaIlkan  gerakan  naik yang maksimum. Untuk mencapai ini langkah terakhir agak lebih lebar dengan sikap badan agak menengadah disertai gerakan ayunan ke atas untuk membantu mengangkat titik berat badan lebih tinggi.
  • Bentuk gerakan saat melayang di atas mistar
Setelah mencapai titiktinggi maksimum, badan diputar ke kiri penuh dengan kepala mendahului melewati mistar, perut dan dada menghadap ke bawah. Kaki tumpuan yang semula berantung di tarik dalam sikap kangkang. Pada saat ini kaki kanan sudah turun dan tanggan sudah siap membantu mendarat.
  • Teknik mendarat
Setelah melewati mistar dapat langsung jatuh pada punggung yang tidak mebahayakan bagi  pelompat. Tetapi jika pendaratan bak pasir  karna bak lompat yang empuk dan aman tidak aman tidak ada, maka pendaratan dengan kaki kanan, dan dibantu oleh kedua tanggan. Jika badan di jatuhkan, yang jatuh terlebih dahulu adalah pundak yang sebelah kanan kemudian berguling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar