Sabtu, 02 Mei 2015

TEKNIK DASAR CHIPPING / MELAMBUNG BOLA FUTSAL

Teknik dasar bermain futsal yang terakhir adalah Chipping. Chipping / Melambung adalah gerakan menendang / melambungkan bola dengan ujung kaki yang lebih mengutamakan akurasi tendangan tanpa menggunakan kekuatan dan kecepatan tendangan. Teknik dasar futsal ini adalah gerakan menendang bola yang lebih cenderung sebagai gerakan menyendok bola. Teknik ini hampir sama dengan teknik passing, perbedaannya terletak pada saat chipping menggunakan bagian atas ujung sepatu dan perkenaannya tepat dibawah bola. 

Teknik menendang dengan mengangkat bola dengan ujung jari kaki / sepatu biasanya dilakukan pada saat kondisi terjepit dan tidak memungkinkan melakukan tendangan atau umpan mendatar. Bola akan diangkat melewati lawan ke sisi pojok lapangan di daerah lawan baik menyilang atau sejajar. Teknik chipping juga dapat dilakukan untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Teknik ini dilakukan dengan berbagai cara antara lain:
- Posisi badan berada di belakang bola
- Kaki yang digunakan sebagai tumpuan berada disamping bola dan lutut sedikit di tekuk
- Tempatkan ujung jari kaki / sepatu untuk menendang tepat di bagian bawah bola
- Angkat bola dan ayunkan kaki kedepan
- Setelah bola diangkat kaki mengayun mengikuti arah bola 

Demikian penjelasan-penjelasan mengenai beberapa teknik futsal yang perlu kita kuasai, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan futsal semua.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar